Kamis, 25 Oktober 2012

" Four Agents of Production "


Dasar -  Dasar Penilaian 
Perkembangan property sebenarnya bertumpu pada penilaian property itu sendiri, Secara umum hal ini bertujuan untuk mendapatkan investasi terbaik dalam pasar. Determinasi dalam tiap - tiap level keikutsertaan individu yang berdasar pada keinginan dan kebutuhan akan bermacam macam pilihan yang terjadi di dalam tiap tiap periode waktu akan mempengaruhi ekonomi pasar. Baik Individu  atau keputusan bersama akan mempengaruhi kelangsungan ekonomi di suatu negara. Seperti produksi barang, jasa/ service dan pendapatan yang bergantung pada kombinasi 4 elemen dasar ekonomi yang sering disebut sebagai " four agents of production " , yaitu :
a. Tanah
b. Pekerja
c. Modal
d. Jiwa kewirausahaa

Dalam ekonomi tradisional  4 elemen dasar ekonomi tersebut akan menghasilkan kegiatan produksi dan dalam property di sebut sebagai " Cost Develop Property ", nah " cost " ( biaya ) ini termasuk salah satu variabel yang terdapat dalam penilaian. dengan kata lain proses produksi dalam property terjadi dari kombinasi Tanah, Pekerja, Modal, dan jiwa kewirausahaan. dan kegiatan saling mengisi dari 4 elemen tersebut menimbulkan analisa yang sistematis dalam kegiatan produksi/ pengembangan poperty secara keseluruhan.

Tanah
satu hal yang paling identik dengan property adalah tanah. Dan " Cost " ( biaya ) yang pertama kali muncul dalam property adalah proses pembebasan lahan. Proses pembebasan tanah kosong atau tanah mentah disebut sebagai biaya akuisisi.

Pekerja
Dalam faktor pekerja ini " Cost " ( biaya ) yang dikeluarkan meliputi konstuksi dan pengembangan tanah. Dan ini dapat diklompokkan menjadi 2 macam yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung tidak hanya meliputi gaji pekerja tetapi juga material yang dibutuhkan dalam membangun konstruksi tersebut. biaya tidak langsung di sini meliputi biaya perijinan, biaya marketing, pajak, biaya perawatan konstruksi, dan lain - lain.

Modal
dikarenakan " Cost " ( biaya ) yang sebenaranya dalam property sendiri terjadi di saat pengembangan tanah maka kita perlu membuat dengan apa yang disebut perencanaan anggaran pengeluaran, sehingga dengan anggaran pengeluaran ini kita bisa memperkirakan berapa modal yang akan dikeluarkan serta kita dapat menyesuaikan dengan kemampuan modal yang ada.

Jiwa Kewirausahaan
Di sini adalah faktor yang menjadi penentu keberhasilan suatu proyek sebab disini yang paling utama adalah kemampuan menciptakan keuntungan lebih. Jadi para wirausahawan di sini di harapkan memiliki skill dan insting yang kuat dalam pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar