Kamis, 25 Oktober 2012

Nilai Pasar ( Market Value )

 
Market Value 


Nilai Pasar adalah Nilai yang diindikasikan oleh penawaran pasar, yaitu harga tambahan suatu Property yang dapat dijual atau dibeli yang berdasarkan opini publik tentang property tersebut. Ada beberapa perberbedaan nilai pasar pihak yang satu dengan pihak yang lain ini di karenakan oleh kebanyakan penilai menggunakan orang ketiga sebagai sumber informasi serta penekanan penilaian yang bebeda beda dalam property. perbedaan penilaian pada masing masing responden ini dikumpulkan menjadi satu data yang utuh serta disimpulkan secara general " Value of Judgment " dari para responden. Hal - hal dalam penilaian meliputi bebagai aspek, seperti :
- Keinginan membeli
- kemampuan membeli
- Tingkat pendidikan/ pengetahuan
dari ketiga aspek ini akan mempengaruhi cara perolehanya juga yaitu 100% cash, cash dalam jangka waktu tertentu, dan Kredit berjangka.

Menurut " The Uniform Standart of Profesional Appraisal Practice " ( USPAP ) hal hal yang menjadi pokok penilaiaan meliputi :
1. Identifikasi spesifikasi property
2. Pendapat tentang nilai menurut presepsi mereka
3. cara perolehan atau pembayaran untuk mendapatkan obyek property tersebut
4. hal - hal yang mempengaruhi seperti kecencerungan pasar, pengaruh - pengaruh negatif, imej di mata pasar dan data - data pembanding lainya.
dalam penentuan harga terjadi kompetisi terbuka dan pasar kecenderungan dia atas angin sehingga menimbulkan asumsi yang berbeda antara penjualan dan penawaran, faktor faktor yang mempengaruhi asumsi ini antara lain :
a. Motivasi
b. informasi yang akurat tentang keuntungan kedepan
c. waktu
d. cara pembayaran yang menguntungkan
e. keuntungan secara financial lainnya di luar transaksi

dan dalam konsep ekonomi, Nilai adalah sesuatu yang tidak tergambarkan dengan jelas, dan ada 4 faktor yang mempengaruhi terbentuknya nilai :
a. Kegunaan
b. Nilai lebih
c. kepuasan
d. kemampuan membeli yang effektif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar