Kamis, 25 Oktober 2012

Price, Cost and Value

didalam Penilaian property terdapat tiga istilah penting yang tidak dapat di pisahkan. karena hal ini yang menjadi dasar penilaian Propert, yaitu :
a. Price
b. Cost
c. Value
secara bahasa mungkin kita mempunyai devinisi yang hampir sama dari 3 hal diatas tetapi yang menjadi pokok pembeda diantara ke 3nya ada di faktor " term " masa atau waktu.
a. Price ( Harga )
waktu dlam kata " price " lebih condong pada persetujuan/ kesepakatan antara penjual  dan pembeli yang terjadi pada saat itu juga. price adalah transaksi final yang terjadi pada penjualan. Secara umum semua transaksi mencerminkan kondisi pasar dan dalam property memiliki bebagai macam bentuk pasar menurut permintaannya, yaitu :
* tipe propertinya
* Lokasi
* Income ( pemasukkan dari Produksi )
* Karakteristik Investasi
* Karakteristik Bangunan

b. Cost ( biaya )
secara harafiah Cost kita sering mengartikan sama dengan Value, Cost di sini lebih condong pada proses Pembangunan property tersebut. Cost di sini meliputi :
- biaya material
- biaya perencanaan
- biaya perijinan dan legalitas
- biaya tukang dan element di dalamya
hal - hal tersebut diatas menjadikan terjadinya determinasi dan interaksi antara penawaran dan permintaan disuatu lokasi. yang kemudian mempengaruhi faktor sosial, ekonomi, pemerintahaan dan kebijakan pengolahaan lahan kedepanya.

c. Value ( Nilai )
Value di sini mencerminkan Nilai dari Property yang bersifat mengikuti selera pasar jadi bisa berubah - ubah setiap waktu, jadi ini lebih mencerminkan nilai prestise pasar yang dipengaruhi oleh hasil yang diperoleh dari property, permintaan dan penawaran pasar serta faktor historisnya

Sumber : Appraisal intitute, North Michigan Avenue Chicago Illinois










Tidak ada komentar:

Posting Komentar